ONE

Oke, kali ini aku akan nulis tentang hidupku akhir-akhir ini. Banyak banget hal yang udah aku lewatin dan semua itu sangat menguras emosiku. Kelas 12 SMA, sungguh ini beda banget sama kelas 9 SMP, berat banget.

Pertama, ini adalah titik puncak aku di SMA dan udah pasti UN udah nunggu, ini udah jadi momok bagi sebagian orang termasuk aku, kadang. Sebabnya apa coba? Banyak di antara kita yang sekolah hanya untuk dapet nilai bagus, jadi tujuan utama sekolah jadi di kesampingin, yaitu nuntut ilmu. Termasuk aku, padahal udah niat sekolah buat dapet ilmu, tapi kadang masih juga tergoda sama nilai bagus, ujung-ujungnya belajar cuma buat ujian dan pasti itu nggak akan tahan lama di otak, selain itu otak kita jadi tumpul, nggak pernah buat mikir sih. Kalau udah gini, rasanya sekolah tiga tahun kaya nggak ada bekasnya.

Kedua, aku harus mikir level di atas SMA, dimana itu bakal nentuin hidup aku kedepannya walau ujungnya emang di tangan Tuhan. Milih jurusan buat kuliah itu bikin orang gila, mana yang harus dipilih? ngejar passion, nurutin orang tua, atau nyesuain otak. Pokoknya tentang line ini yang pengen aku tulis.

Setelah mempertimbangkan banyak hal, akhirya untuk SNMPTN aku milih di salah satu perguruan tinggi di Surabaya, aku milih prodi yang sangat aku gandrungi tapi nggak sesuai dengan otakku, nekad kan? Teknik Fisika. Akhirnya nggak diterima, sedih sih sempet murung beberapa hari, normally. Sempet putus asa juga, tapi habis itu nggak, tapi kadang masih iya sampai saat ini. tapi mau gimana lagi? Mau nggak mau harus jadi pejuang SBMPTN, nahh masalahnya tu disini, aku bener-bener nggak nyiapin buat ini. Kadang juga mikir, salah aku apa? ternyata kalau diinget-inget banyak banget, nggak manfaatin waktu, nggak jadi orang yang selalu ada di jalan yang lurus, sering nyasar, usaha kurang, doa ya kurang, tujuan yang keliru, pokoknya banyak. Sering mikir, apa iya aku bisa ngelawati SBMPTN tahun ini, dengan persiapan yang bisa dibilang nggak mateng, apa iya aku bakal menang padahal banyak orang lain yang usahanya lebih dari aku. Pusing kalau mikir ini.

Banyak di antara kita yang siap sukses, tapi nggak siap gagal. Roda berputar, kadang di atas kadang di bawah, begitu juga hidup.


Sebenernya ini nggak penting buat dishare, tujuannya cuma buat dokumentasiin aja, biar nanti bisa baca lagi.

ONE

Leave a Reply

